Ruang Lingkup IPA SD tematik terpadu
Link : https://dindaamranisa.blogspot.com/2020/06/ruang-lingkup-ipa-sd.html?m=1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN IPA SD KELAS RENDAH
“ RUANG LINGKUP MATERI IPA SD DALAM KURIKULUM TEMATIK TERPADU”
OLEH :
DINDA AMRANISA ( 18129241 )
18 AT 01
NO 1 2 3 4
1 Bentuk Kegiatan Belajar
2 Ketajaman Permasalahan
3 Kedalaman Pembahasan
4 Desain Media Berbasis It
5 Gaya Presentasi
6 Penguasaan Materi/Konsep
7 Referensi
JUMLAH
Dosen Pembimbing :Dr. Ir.Hj. RisdaAmini, M Pd
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2020
BAGIAN I
PENDAHULUAN
Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa.
Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung.
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas 1 SD, kita harus melihat seluruh aspek perkembangannya sebagai satu kesatuan yang utuh (holistik). Selain itu, dalam membelajarkan IPA di kelas 1 SD, guru juga harus mampu memahami hubungan antara konsep secara keseluruhan secara sederhana dan memperhatikan karakteristik siswa itu sendiri. Oleh karena itu, pembelajaran di jenjang sekolah SD terutama kelas 1, harus memperhatikan karakteristik siswa yang akan mengahayati pengalaman belajar sebagai satu kesatuan yang holistik. Kenyataan di lapangan, pembelajaran terpadu dengan tematik belum begitu dipahami sehingga dalam proses pembelajaran di kelas 1 dan 2 kurikulum 2006 (KTSP) di Sekolah Dasar masih terlihat bidang studinya atau terkotak-kotak dan menitik beratkan pada jam pelajaran serta jadwal pelajaran, sehingga pembelajaran terpadu dengan tematik belum dilaksanakan dengan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut bertolak belakang dengan tahapan perkembangan anak yang masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistic ), sehingga pembelajaran yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah akan menyebabkan kurang mengembangkan anak untuk berpikir holistik dan membuat kesulitan bagi peserta didik.
BAGIAN 2
PEMBAHASAN
A. Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPA di SD
Menurut (Ayu et al., 1974) Ruang lingkup mata Pelajaran IPA di SD meliputi dua dimensi yaitu:
1. Kerja Ilmiah
Pendidikan IPA menekakan pada pemberian belajar langsung. bahwa ”pendidikan sains (IPA) menekankan pada pengalaman secara langsung”. Dalam pembelajaran IPA siswa dapat mengembangkan sejumlah keterampilan proses (keterampilan atau kerja ilmiah) dan sikap ilmiah dalam memperoleh pengetahuan ilmiah tentang dirinya dan alam sekitar. Kerja ilmiah sains (IPA) dalam kurikulum SD terdiri dari penyelidikan, berkomunikasi ilmiah, pengembangan kreativitas dan pemecahan masalah, sikap dan nilai ilmiah.
2. Pemahaman Konsep dan Penerapannya
Adapun dimensi pemahaman konsep dan penerapannya mencakup:
a) Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu mausia, hewantumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan serta kesehatan
b) Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi cair, padat dan gas
c) Energi dan perubahannya meliputi gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan Energi dan perubahannya meliputi gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
d) Bumi dan alam semesta meliputi tanah, bumi, tata surya dan benda-benda langit lainnya
Tabel Ruang Lingkup Ipa SD
diambil dari jurnal : (Putra, 2017)
Kegiatan Pembelajaran
Kompetensi yang
Dikembangkan
• Mengeksplorasi pecahan senilai melalui media pecahan
• Membuat karya seni kolase dengan bahan alam
• Mengenal bagian tubuh hewan • SikaP: Teliti, kreatif,rasa ingin tahu
• Keterampilan: Memecahkan masalah
• Pengetahuan dan Pecahan senilai,bagian tubuh hewan
• Melaporkan hasil pengamatan tentang hewan
• Mempraktikkan keterampilan dasar atletik melalui permainan
• Mendiskusikan sikap peduli terhadap hewan
• Melakukan pengamatan terhadap tumbuhan dan menulis laporan
• Memahami teks bagian-bagian tumbuhan Mendiskusikan hubungan antara manusia, tumbuhan,dan hewan
• Sikap: Sportif, peduli
• Keterampilan: Menulis laporan, gerakan dasar atletik
• Pengetahuan: Ciri-ciri hewan, hubungan antar makhluk hidup
• Sikap: Rasa ingin tahu
• Keterampilan: Menganalisis
• Pengetahuan: Bagian-bagian tumbuhan, hubungan antarmakhluk hidup
• Mengamati gambar dan mengaitkan
• Hubungan antara manusia, tumbuhan, dan hewan
• Memahami teks tentang bagian-bagian bunga
• Mendiskusikan kewajiban terhadap lingkungan
• Sikap: Tanggung jawab
• Keterampilan: Menganalisis
• Pengetahuan:Fungsi bagian tumbuhan, kewajiban terhadap Lingkungan
• Mempraktikkan gerak dasar atletik melalui permainan
• Melakukan percobaan tentang fungsi batang pada tumbuhan
• Membuat gambar pemandangan setelah mengamati lingkungan
• sekitar • Sikap: Disiplin, sportif
• Keterampilan: Melakukan percobaan, gerakan dasar atletik, menggambar
• Pengetahuan: Fungsi batang pada tumbuhan
• Menceritakan tentang gambar pemandangan alam
• Evaluasi Sikap • Sikap: Disiplin dan telitI
• Keterampilan : Bercerita, memecahkkan masalah
• Pengetahuan: Pecahan, bagian
• tumbuhan, persamaan dan perbedaan hewan serta tumbuhan
B. Standar Isi Pembelajaran Tematik SD/MI Dalam Kurikulum 2013
Dalam Permendikbud No. 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang selanjutnya disebut Standar Isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi adalah kriteria ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
Menurut (Laksana, 2017) penataan standar isi terutama berkaitan dengan penguatan materi melalui evaluasi ulang ruang lingkup materi: (1) mengeliminasi materi tidak esensial atau tidak relevan bagi siswa, (2) mempertahankan materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan (3) menambahkan materi yang dianggap penting dalam perbandingan internasional, evaluasi ulang kedalaman materi sesuai dengan tuntutan perbandingan internasional serta menyusun kompetensi dasar yang sesuai dengan materi yang dibutuhkan.
Kurikulum 2013 SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik terpadu dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema (Abdul Majid;2014;86). Dengan pendekatan ini diharapkan dapat memenuhi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan. Permendikbud No.65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses menjelaskan ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda. Sikap diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan” . Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas, “ mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevalusai, mencipta.” Ketrampilan diperoleh melalui aktivitas, “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.
C. Materi IPA dalam Buku Ajar Tematik SD/MI
Menurut (Publications & Technology, 2016) buku ajar tematik kurikulum 2013 terdiri dari dua buku yaitu buku guru dan buku siswa. Masing-masing buku memuat satu tema, di mana jumlah tema pada setiap kelasnya berbeda-beda.. Namun dalam pembahasan kali ini peneliti hanya membahas materi IPA yang ada dalam buku kelas IV terdiri dari Sembilan tema. dimana masing-masing tema dibagi menjadi tiga subtema. Sembilan tema tersebut yaitu Indahnya Kebersamaan, Selalu Berhemat Energi, Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Berbagi Pekerjaan, Pahlawanku, Citacitaku, Indahnya Keragaman di Negeriku, Daerah Tempat Tinggalku, dan Kayanya Negeriku. Adapun materi IPA dalam masing-masing tema adalah sebagai berikut;
a) Tema 1 : Indahnya Kebersamaan Tema pertama dari Sembilan tema yang disampaikan untuk kelas IV ini dimulai dengan KD 3.6 menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran untuk ranah kognitif dan 4.6 menyajikan laporan percobaan tentang sifatsifat bunyi untuk ranah keterampilan. Adapun pembagian materi pembelajarannya adalah sebagai berikut :
• Subtema pertama berisis tentang cara menghasilkan bunyi dengan beragam benda di sekitar, menyajikan laporan cara menghasilkan bunyi, sifat-sifat bunyi merambat.
• Subtema ke-dua memiliki materi pokok proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga indera pendengaran, fungsi sifat bunyi bagi indera pendengaran.
• Subtema ketiga berisi materi mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap, menjelaskan sifat-sifatbunyi memantul dan menyerap dan menyajikan laporan hasil percobaan
b) Tema 2 : Selalu Berhemat Energi Dalam tema selalu berhemat energy ini ada dua kompetensi yang disampaikan yakni KD 3.5 untuk ranah kognitif dan KD 4.5 untuk ranah keterampilan. Adapun KD 3.5 mengidentifikasi berbagai sumber energy, perubahan bentuk energy, dan sumber energy alternative (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organic,dan nuklir) dan 4.5 menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energy. Adapun yang membedakan pembelajaran dalam subtema-nya yakni pokok bahasan yang disampaikan. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut;
• Subtema pertama materi pokok yang diberikan adalah perubahan bentuk energy matahari dan manfaatnya, sumber daya alam, perubahan bentuk energy angin,dan hemat listrik. Materi pokok dalam
• Subtema kedua adalah berbagai perubahan bentuk energy, tanaman obat, berbagai perubahan bentuk energy, dan hemat energy.
• Subtema ketiga adalah perubahan bentuk energy, sumber energy alternative, perubahan bentuk energy, dan pemanfataan sumber daya alam.
c) Tema 3 ; Peduli Terhadap Mkhluk Hidup Tema tiga memiliki empat kompetensi dasar yakni, KD 3.1 menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan, KD 3.8 menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dilingkunganya, KD 4.1 menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuha, KD 4.8 melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya, berikut penjelasannya;
• Subtema satu membahas keseimbangan lingkungan ,kondisi geografis Indonesia, fungsi bagian tumbuhan, sumber daya alam dan penyajian laporan
• Subtema dua berisi tentang sumber daya alam dan keseimbangan lingkungan, kondisi geografis Indonesia dan pemanfataan sumber daya alamnya, fungsi bagian hewan.
• Subtema tiga sumber daya alam di lingkungan sekitar dan pemanfaatannya, peduli lingkungan, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan, pemanfataan dan pelestarian sumber daya alam.
d) Tema 4 ; Berbagi Pekerjaan Kompetensi yang diajarkan dalam tema empat adalah KD 3.8 menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dan KD 4.8 melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orangorang di lingkungannya.
• Subtema satu sumber daya alam dan pelestariannya dengan focus pembahasan pentingya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam, membuat rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar dan mempraktikkan kegiatan menjaga kelestarian sumber daya alam.
• Subtema dua adalah mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi kelestarian sumber daya alam,pemanfaatan teknologi yang ramah ligkungan bagi keberadaan sumber daya alam, penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari, menjaga kelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
• Subtema tiga adalah dampak pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan, upaya pencegahan langkanya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan sampah, contoh pemanfataan sampah dalam kehidupan sehari-hari.
e) Tema 5 ; Pahlawanku Kompetensi dasar dalam tema terdiri dari KD 3.7 menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dan KD 4.7 menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya. Berikut uraian dalam setiap subtemanya.
• Subtema satu memiliki materi pokok menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan serta menyajikan laporannya hasil percobaan, sifatsifat cahaya terkait dengan cakram warna.
• Subtema dua percobaan tentang cahaya dan cermin, sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan, percobaan dengan menggunakan lup.
• Subtema tiga materi cahaya dan cermin cekung, cermin cembung, dan cermin datar, cahaya dan periskop serta menuliskan laporan hasil percobaan.
f) Tema 6 ; Cita-citaku Tema enam memuat dua kompetensi dasar yakni 3.2 membandingkan siklus hidup beberapa makhluk hidup serta mengaitkannya dengan upaya pelestariannya dan untuk aspek keterampilan adalah KD 4.2 membuat skema siklus hidup beberapa makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya.
• Subtema satu berisi materi siklus makhluk hidup, tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, daur hidup makhluk hidup.
• Subtema dua memuat materi daur hidup makhluk hidup, manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
• subtema tiga membahas pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan, cara pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitar
g) Tema 7; Indahnya Keragaman di Negeriku Tema tujuh memuat dua kopetensi dasar yakni KD 3.3 mengidentifikasi macammacam gaya antara lain; gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan dan KD 4.3 mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan.
• Subtema satu berisi macam-macam gaya dan pengaruhnya terhadap benda, contoh-contoh pemenafaatan gaya otot, manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari.
• Subtema dua membahas pengertian listrik statis dan dinamis, alat-alat elektronik dan fungsinya.
• Subtema tiga membahas gaya magnet, gaya gravitasi, hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek, manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.
h) Tema 8 ; Daerah Tempat Tinggalku Tema delapan memuat dua kompetensi yakni KD 3.4 menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar dan KD 4.4 menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.
• Subtema satu memiliki materi perbedaan gaya dan gerak, gaya dan kecepatan gerak, dan laporan percobaan.
• Subtema dua membahas acam-macam gaya, pengaruh gaya terhadap gerak benda.
• subtema tiga membahas hubungan gaya dan gerak, peristiwa yang berkaitan dengan gaya dan gerak.
i) Tema 9 : Kayanya Negeriku Tema Sembilan memua dua kometensi yakni KD 3.5 mengidentifikasi berbagai sumber energy; perubahan bentuk energy; dan sumber energy alternative (angina, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organic; dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari dan KD 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energy.
• Subtema satu memuat materi energy air dan listrik, contoh sumber energy, jenisjenis sumber energy, eterkaiatan sumber daya air dengan energy listrik.
• Subtema dua acam-macam energy dan perubahannya, sumber energy, contoh perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari
• Subtema tiga mengidentifikasi sumber-sumber energy alternative.
Daftar Pustaka
Ayu, P. E. S., Marhaeni, A. A. I. N., Adnyana, P. B., Studi, P., Dasar, P., Pascasarjana, P., & Ganesha, U. P. (1974). PADA MATA PELAJARAN IPA SD. (3). http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2696
Laksana, D. N. L. (2017). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 873. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v5i2.8588
Publications, S., & Technology, E. (2016). Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. (2010), 775–781. ://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1137/781
Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal, 1(1), 17–23. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/1
Amini, Risda, and A. Munandar. "Pengaruh model pembelajaran pendidikan lingkungan berbasis outdoor terhadap penguasaan konsep pendidikan lingkungan bagi calon guru sekolah dasar." Jurnal Penelitian Pendidikan 11.1 (2010): 2-4.
Risda Amini. (2015). Pengaruh Penggunaan Project Learning dan Motivasi belajar Terhadap hasil Belajar siswa kelas v SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, Yang Diselenggarakan Oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Tema: “Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berdaya Saing Global,” 4(2007), 339–345.
Komentar
Posting Komentar